Girls Zaman Now kudu bisa nyetir - Tips untuk pemula

Hai apa kabar Girls Zaman Now, hari ini sudah bisa berkendara. Motor atau mobil. Yang mana saja, yang penting bisa pake kendaraan. Rugi kalo gak bisa nyetir. Minimal motor ya. Supaya langkah kaki kita menjadi lebih panjang dan bisa bergerak dengan cepat. Ada caranya loh supaya Nyaman dan Aman Berkendara Ala girls Zaman Now.

Ga Bisa Nyetir Itu Menyedihkan

“Sayang bangetlah Girls, di rumah ada motor. Tapi gak bisa dipake. Satu bulan itu ya lama, pasti repot dan lebih mahal kalo mau kemana-mana harus pake ojek. Pulang kakakmu nanti, minta ajarin ya motoran!”

“Akunya ga bisa sepedaan, mungkin susah ya buat motoran, kan katanya butuh keseimbangan”
Dia terkekeh, “Huuuuu, dasar penakut. Yang dibutuhkan saat motoran itu bukan cuma kesimbangan. Tapi kebenranian yak! Banyak kok yang bisa mobilan, malah gak bisa sepedaan”

Jiaaaah, kena lagi deh.  Kalo ga dibuktikan sendiri. Oke deh, akan kita coba. Mendengar ucapan teman ojekku itu, aku terpana sekaligus mikir. Iya juga ya, yang dia katakan. Kenapa ga dimulai buat latihan motor. Pokoknya mulai aja dulu, nanti deh urusan lainnya. Sambilan menunggu kakak pulang aku baca beberapa referensi tentang gimana belajar motor. Biar nanti gak buta-buta amat yak!

Belajar Motor Gigi Lebih Asik Dari Motor Metik

Dari kejadian itu, akhirnya aku ya maksa kakak buat ngajarin motoran. Hasilnya, saban sabtu –minggu pagi. Aku diajarin kakak motoran di lapangan . Alasannya, karena di lapangan  banyak rumput. Kalo jatuh ga terlalu sakit.Yeaaah, benar sekali kakakku.

Aku diajarin motor bergigi dulu, alasannya juga karena lebih mudah dikendalikan alias bisa distel. Ternyata emang lebih mudah. Cuma sekali diajarin, aku ya udah bisa mengendalikan motornya buat jalan. Meski kaki belum naik ke kiri kanan . Belum berani pijak gigi dan belum berani pijak gas. Apalagi memainkannya. Baru bisa jalan lurus dan belok, dengan gigi dua sekaligus sejak dihidupkan, Sebab kuatir melompat kalo dimulai dari gigi satu dan ga bisa  mindahin gigi pas sudah berjalan. Apalagi saya dan kakak termasuk orang yang sistematis suka dengan proses dan tahapan.

4 Tahapan Mudah Belajar Motor Buat Pemula

Catatan ini buat belajar motor bergigi ya, motor bergigi itu..motor yang pake gigi, hahaha.

1.    Berdiri di atas motor, lalu hidupkan langsung dengan memasukkan gigi dua. Lalu naikan kaki di kiri dan kanan tempat kaki nempel di motor. Kalo belum bisa pake sepeda alias belum seimbang. Ya, sudah naik saja motor tapi kaki gak usah naik dulu. Yang penting tangan di starter dan pandangan fokus ke depan, siap meluncur.

2.    Setelah berhasil mengidupkan motor dan berjalan dengan gas kecil, kalo gas gede nanti gosong alias meluncur tak tau rimba. Jalan saja pelan, ingat ya jalannya lurus saja dulu. Dalam perjalanan , cobain sesekali naikin kaki pelan-pelan. Mana yang nyaman deh, kanan dulu atau kiri dulu boleh bergantian. Boleh juga berbarengan. Bagian ini gunakan feeling supaya aman dan nyaman. Ga perlu buru-buru. Rasakan dan nikmati dulu prosesnya. Setelah terasa seimbang dan gak bakalan oleng, yakin deh itu kaki bisa nempel dengan tepat dan nyaman. Baru naikin kakinya pelan-pelan.

3.    Sudah bisa ya jalan lurus, cobain  pelan-pelan buat berbelok. Mainkan juga lampu sen. Tapi harus komitmen ya , kalo lampu sen ke kiri ya jalan ke kiri. Sebaliknya, jangan salahkan lampu sen nanti jika sudah kejadian, hehehe. Jalan berbeloknya juga pelan-pela saja, turunkan kaki jika terasa susah belok jika kaki nempel di motor. Pokoknya beloknya senyaman dan seaman yang kita bisa. Ini juga bagus gunakan feeling juga ya, biar aman dan nyaman berbelok buat pemula.

4.    Nah, kalo sudah bisa jalan lurus, sudah bisa berbelok, maka cobalah bawa motornya di jalan. Pertama kali jalan yang sepi saja. Biar kondisi jalannya dapat meski sepi, intinya di jalan deh motorannya. Jalan di jalan raya gunakan saja jalur paling pinggir atau tepi saja. Jalan pelan-pelan dan tak perlu mendahului. Yang penting sampai saja. Jika sedang di jalan berpapasan dengan mobil gede atau kondisi jalan lagi ramai, sebaiknya mengalah saja. Berhenti dulu juga boleh, menunggu sampai kita merasa nyaman dan tenang.

Empat tips ini sudah saya terapkan dan lakukan sendiri saat belajar motor bergigi, hasilnya memang lebih efektif dan efisien. Cuma butuh dua pekan atau empat kali belajar. Di hari sabtu –ahad, dengan durasi belajar satu hingga dua jam. Bisa juga lebih, apalagi kalo sudah sedikit bisa, ketagihan dong buat motoran dan ngeceng, hihihi.

Nah, sekarang jangan ditanya kemana kaki saya melangkah buat motoran. Sudah kemana saja, sudah lelah kalo dihitung dengan jarak yang sudah dilalui oleh saya dan motor. Ga bakalan bisa ngitungnya. Alhamdulillah selama saya motoran belum ada kejadian yang berat atau kecelakaan. Palingan cuma jatuh saja. Lecet-lecet dan sedikit luka.

Cuma sekarang saya lebih sering dan suka menggunakan motor metik, sebab tidak repot untuk pindah gigi dan nyaman juga jika menggunakan rok sexy ataupun gaun. Waktu ganti motor juga gak susah, langsung bisa menyesuaikan begitu juga naik sepeda. Juga otomatis bisa.

Beberapa Hal Penting yang Harus diketahui Mengenai Motor, Terutama Bagi Pemula.
   
Kerusakan Aki

Bagaimana: Seringnya kerusakan aki terjadi akibat terminal aki yang mengalami karat, hilangnya kontak pada konektor atau pun hilangnya daya aki jika  sering menyetir dengan jarak dekat. Hal ini pun bisa saja terjadi akibat kerusakan pada aki lama yang membutuhkan penggantian. Apa yang harus dilakukan: Pastikan terminal aki dalam keadaan bersih dan lindungi lah dari bahaya karat dengan lapisan jel khusus atau grease. Pastikan juga kondisi kepala dan konektor aki sudah cukup aman. Jika  jarang melakukan perjalanan jarak jauh, maka rutinlah untuk mengisi daya aki di malam hari setiap dua minggu sekali.


Kebocoran Ban

Bagaimana: Berkendara melewati jalanan berlubang dan rusak dapat merusak kondisi ban seperti terjadinya kebocoran. Apa yang harus dilakukan: Sebaiknya  cek kondisi ban kendaraan  setiap minggu untuk mengetahui tanda kerusakan awal. Pastikan  mengisi tekanan angin ban sesuai dengan yang disarankan dalam buku pedoman kendaraan.

Kerusakan Busi

Bagaimana: Busi seringkali menjadi bagian yang terlupakan. Kerusakan busi dapat menyebabkan hilangnya daya kendaraan, pemborosan bahan bakar dan getaran yang tak terkontrol. Kondisi ini akan merusak mesin kendaraan  bahkan untuk mulai dihidupkan pun tidak bisa. Jika  tetap membiarkan busi kendaraan  tetap rusak,  akan mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan. Apa yang harus dilakukan: Solusi terbaik di sini adalah melakukan perawatan secara reguler dan gunakan selalu busi yang berkualitas.

Kekurangan Bahan Bakar

Bagaimana: Hal ini terkesan biasa saja, namun  pasti akan terkejut dengan intensitas kerusakan yang terjadi jika kekurangan atau kehabisan bahan bakar. Apa yang harus dilakukan: Hindari kondisi kehabisan bahan bakar seperti ini dengan selalu sadar dan cek standar ukuran bahan bakar yang ada pada kendaraan .

Kerusakan Motor Starter

Bagaimana: Sesuai seperti namanya, motor starter merupakan salah satu suku cadang yang sifatnya penting untuk membantu menyalakan mesin kendaraan . Namun motor starter juga merupakan suku cadang yang sering menjadikan kendaraan  rusak. Tidak perlu khawatir sebelumnya, karena kondisi ini sejatinya dapat di atasi sendiri. Apa yang harus dilakukan: Trik praktisnya adalah: Jika kendaraan  sulit untuk dinyalakan, segera bawa kendaraan  ke ahli mekanik untuk dilakukan pemeriksaan. Seperti yang kita

Ketahui, perawatan kendaraan secara berkala dan memiliki suku cadang berkualitas adalah kunci untuk menghindari kerusakan kendaraan

Popular posts from this blog

My New Hobby, Water Decal Nail Art

10 Alasan mengapa anda harus kencan dengan seorang ladyBiker

Real Action Adventures 2 Acara Customer Gathering paling HOT saat ini. (Day 1)