Behnaz Shafiei: Trailblazing Biker perempuan Iran pembuat sejarah Biker Wanita


Ketika Behnaz Shafiei melintasi garis finish pada hari Jumat pada akhir berdebu, yang dipenuhi bebatuan trek balap di Karaj, dekat Teheran, hal itu adalah  akhir dari  kampanye tiga tahun untuk hak-hak perempuan di Iran. Apakah dia menang lomba atau tidak, itu sudah merupakan kemenangan untuk kaum wanita Iran.

Perempuan berusia 27 tahun itu mendapat konsesi dari kementerian olahraga Iran untuk tahap perlombaan sepeda motor yang pertama kalinya diikuti oleh perempuan dari  negara itu, meskipun umunya perempuan yang dilarang naik sepeda motor oleh undang-undang kesopanan di negara itu.

Lima belas wanita berada di garis start pada hari Jumat, yang telah diseleksi dari 30 pelamar. Seperti halnya pengalaman pertama, tidak akan ada banyak gembar-gembor untuk berita itu, atau mungkin banyak penonton. Pria akan dilarang menonton dari trek balap untuk durasi tertentu, atas perintah kementerian olahraga.

"Acara ini sedang ditangani hanya oleh perempuan, dari penyelenggara ke penonton untuk pembalap," kata Behnaz. "Dan Insya Allah, besok akan berlangsung."

Tetapi risiko di seluruh negeri adalah nyata. Baru minggu lalu, dua wanita ditangkap di kota Dezful setelah difilmkan mengendarai sepeda motor. Polisi menuduh mereka melakukan "tindakan cabul".
Dan ketika Behnaz pulang ke rumah dari trek, setelah semua debu di motornya telah dicuci,  akan tetap ilegal baginya untuk naik sepeda motor di jalan-jalan. 

Obsesi Behnaz mulai pada usia 15thn, pada waktu liburan keluarga di Zanjan di barat laut Iran di mana ia terkejut melihat seorang wanita yang mengendarai sepeda motor untuk pertama kalinya. Dia meminta diajari dan sejak itu, ia ketagihan.

Dalam ketenangan di pegunungan Atashgah, di Alborz Provinsi mana ia dibesarkan, Behnaz bisa berlatih secara diam-diam dengan sepeda motor kakaknya. Ketika ia pertama kali berkelana ke jalan-jalan, beberapa tahun kemudian, dia naik motor secara rahasia, berpakaian kepala sampai kaki helm dan kulit sehingga tidak ada yang bisa melihat dia adalah seorang wanita.

"Kau tahu bagaimana, ketika Anda memberitahu seorang remaja untuk tidak menyentuh sesuatu yang panas, dia hanya ingin menyentuhnya lebih untuk memeriksa? Sama bagi saya," katanya. "Mengendarai sepeda motor bagi saya tampaknya seperti hal yang cukup normal bagi seorang wanita untuk melakukan. Ketika saya melihat bagaimana orang bereaksi dengan shock ... itu hanya mendorong saya untuk melakukannya terlebih lagi."

Suatu saat Behnaz mendekati kementerian olahraga Iran bahwa dia mendapati bahwa wanita dilarang balapan. "Jadi saya bertanya pada diri sendiri mengapa, mengapa tidak seharusnya wanita diizinkan untuk balapan? Dan tidak ada jawaban yang baik."

Sebagian besar oposisi berasal dari laki-laki, katanya. "Mereka terus mengatakan padaku untuk kembali ke melakukan mencuci dan memasak. Mereka mengatakan bahwa wanita tidak memiliki apa yang diperlukan untuk melakukan hal ini. Itu hanya membuat saya lebih bertekad untuk membuktikan bahwa mereka salah."

Dia mendapat kesempatan pertama yang berlatih di trek off-road, kemudian diperbolehkan untuk mengikuti  balapan pria. Kementerian olahraga berusaha keras untuk mengingatkan bahwa dia harus mengenakan jilbab, katanya. "Lalu mereka menyadari bahwa naik sepeda motor naik, sudah memiliki jilbab yang lebih baik daripada kebanyakan olahraga."

 Kementerian Iran juga mengingatkan bahwa sepeda motor itu bukan olahraga untuk perempuan, sehingga mereka mengangkat jumlah peserta perempuan untuk menunjukkan kepopulerannya. Mereka menulis surat, mereka melakukan kunjungan. Tiga tahun kemudian, kementerian mengalah dan  perlombaan resmi diadakan.

Salju turun pada hari Kamis di Karaj, menyelimuti trek balap dalam selimut putih. Kondisi tersebut menyebabkan banyak orang yang ingin balapan dibatalkan, kata Behnaz.
"Ada banyak orang yang mencoba untuk melemparkan kunci pas dalam trek, tetapi para pembalap wanita begitu bertekad. Mereka mengambil sekop dan membersihkan trek Mereka membersihkan puing-air sisa.  Mereka menempatkan ban di trek -... Satu persatu dan dengan tangan - dalam dingin.
"Setiap salah satu dari mereka bertekad bahwa lomba ini harus berlangsung."

Perempuan di dalam dan sekitar olahraga merupakan isu sensitif di Iran. Partisipasi terus meningkat, meskipun pemisahan jenis kelamin dan peraturan pakaian perempuan masih ketat. Upaya untuk meningkatkan kesetaraan masih menghadapi perlawanan keras dari kelompok garis keras agama.
Wanita sering dilarang menonton pria berlomba. Presiden Hassan Rouhani berjanji sebelum pemilu pada 2013 bahwa ia akan melonggarkan pembatasan sosial tertentu, dan pada tahun 2014 pemerintah mengumumkan rencana untuk mengizinkan wanita untuk menonton acara olahraga  tertentu itu.
Tapi ada kontroversi, dan protes, di Teheran pada 2015 ketika wanita dilarang dari stadion untuk pertandingan antara tim voli pria Iran dan Amerika Serikat.

Tidak pernah terpikir oleh Behnaz untuk tidak melanjutkan olahraga yang dia puja ini. "Saya terus-menerus memikirkannya dan saya mengejar hal yang saya suka, jadi aku mengejarnya," katanya. "Dan akhirnya berhasil.". Ini langkah pertama, katanya.

"Fakta bahwa lomba ini telah diadakan menunjukkan bahwa hak-hak perempuan telah dihormati dan kami telah memperoleh jawaban atas tuntutan kami. Tidak pada tingkat yang sangat tinggi, tapi setidaknya kita melakukan sesuatu, dan ini hanya awalnya.

Berikutnya dalam daftar pribadinya adalah perjalanan ke AS, di mana dia diundang untuk balapan dengan sesama perempuan profesional. Dia pergi ke kedutaan besar AS di Dubai awal bulan ini untuk mendapatkan visa, tetapi pada hari ia kembali ke Teheran, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa ia akan melarang siapa pun dari tujuh negara yang sebagian besar Muslim, termasuk Iran.
"Itu telah membuat dalam masa masa kecemasan ," kata Behnaz. "Tapi saya berharap setelah hal ini berlalu saya bisa mencapai tujuan saya."

"Kau tahu, di Iran, keterampilan mengemudi perempuan selalu diejek. Tapi merekalah orang yang sama yang mengakuiku sebagai pengemudi yang sangat baik dan akan  terlalu takut untuk bahkan menonton hal-hal yang dapat saya lakukan pada sepeda motor saya,Terangnya.


Popular posts from this blog

My New Hobby, Water Decal Nail Art

10 Alasan mengapa anda harus kencan dengan seorang ladyBiker

Real Action Adventures 2 Acara Customer Gathering paling HOT saat ini. (Day 1)